beranda

Rabu, 28 Juli 2010

KKN Tematik Posdaya UNIROW Tuban

Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) menjadi dinamika baru masyarakat Indonesia. Mulai penduduk di desa hingga kota, terutama keluarga muda sedang giat membangun diri dan masyarakatnya. Pada tahun 2010 ini Unirow melaksanakan KKN Posdaya yang di sebar di 72 desa se kabupaten Tuban, tujuan diadakannya KKN Tematik ini adalah memberdayakan Desa untuk membentuk pos pemberdayaan keluarga, pos
pemberdayaan keluarga yang di bentuk di desa2 di Tuban ini,  sebagai realisasi Pembentukan pos Daya di kabupaten tuban, walaupun secara salah satu pelakunya diprakarsai oleh LPM Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban.
Posdaya di tahun 2010 ini merupakan posdaya tahap 2 yang merupakan tahap pengembangan dari posdaya yang sudah dibentuk sebelumnya.
Membagun sebuah pos daya didesa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik unirow ini, tentu harus melalui tahap awal yaitu tahap survey lokasi dan pemetaan desa yang nantinya menjadi data awal untuk dibentuk posdaya. peran kepala desa dan anggota masyarakat disini harus mendukung dan mengisi apa yang dibutuhkan para mahasiswa dalam membuat posdaya sesuai temuan mereka.
pos pemberdayaan ini juga menggaet pemerintah daerah Tuban untuk tujuan pelaporan sehingga terkontrol dan tidak berdiri sendiri dan bukan gerakan bawah tanah, namun melaporkan semua kegiatan kepada pemerintah daerah Tuban melalui LPM Unirow.
Batasan program merupakan keterpaduan keluarga dengan target pembangunan bukan berapa jumlah kantor atau tempat, namun berapa keluarga yang sudah ikut. Idealnya Posdaya dapat menjangkau seluruh keluarga.
namun yang paling penting adalah bahwa pos pemberdayaan ini adalah inti dari kegiatan bergotong royong yang selama ini ada tetapi ditinggalkan oleh hampir semua lapisan masyarakat desa terutama di Tuban pada khususnya. Semua keluarga miskin dan kaya bisa bersatu, namun yang miskin jangan menajdi obyek tetapi harus menjalin persatuan dan kesatuan. Pembinaannya adalah keluarga muda, namun yang tua Juga tidak ditinggalkan.
Posdaya bisa membantu pemberdayaan masyarakat. Hampir di seluruh pedesaan telah-membentuk Posdaya. Posdaya ini bisa mengembangkan dan memperkuat pemberdayaan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar