beranda

Rabu, 28 Juli 2010

Sosialisasi KKN posdaya Unirow 2010

Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posdaya, pada tahun 2009 lalu Unirow menurunkan 700 mahasiswa, yang  melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan terkait pendidikan, kesehatan dan usaha ekonomi di 100 Posdaya. Dan sesuai Rencananya pada bulan Jul i 2010, Universitas Ronggolawe Tuban  akan menerjunkan 1.000 mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya di 21  kecamatan meliputi 72 desa.


Melalui kegiatan KKN Tematik Posdaya ini mahasiswa bisa belajar dan mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat, sekaligus memberikan masukan yang dibutuhkan masyarakat. Sasaran KKN Tematik Posdaya ini adalah masyarakat yang kehidupannya tertinggal, yang rata-rata masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.
Sebelum terjun ke lapangan, kata dia, mahasiswa peserta KKN Tematik Posdaya ini terlebih dahulu mendapat pengarahan oleh para dosen pendamping. Pembekalan ini penting sebagai penguatan, sehingga mahasiswa menjadi semakin mengetahui medan dan persoalan masyarakat yang akan didampinginya. Program yang di utamakan adalah mengedepankan pemberdayaan pendidikan kepada masyarakat tempat mahasiswa melaksanakan KKN. Setelah itu baru sektor kesehatan dan penguatan ekonomi. Hal ini sesuai kebutuhan masyarakat di daerah pedesaan di Tuban,”
kegiatan KKN yang setara dengan 3 SKS (Satuan Kredit Semester) dan dilaksanakan selama 2 bulan ini menempatkan mahasiswa sebagai pioner atau pembuka kegiatan pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya kegiatan tersebut diserahkan kepada masyarakat untuk meneruskannya.
”Proses yang sudah mahasiswa berikan akan terus dilanjutkan untuk dikembangkan oleh masyarakat. Jika itu yang terjadi, inilah yang menjadi tolok ukur sebuah keberhasilan dari program KKN Tematik Pos daya. Program yang sudah diberikan dilanjutkan dan dikembangkan masyarakat, KKN tematik Posday Unirow ini diikuti oleh 1000 lebih mahasiswa dari 5 jurusan yang ada di Unirow.
Yayasan Damandiri yang sejak berdiri sudah sangat komitmen dalam pengentasan kemiskinan tersebut. Untuk itu pihak unirow bekerjasama dengan  Damandiri yang semakin meningkatkan pencitraan bahwa sebagai perguruan tinggi Unirow harus  memiliki perhatian dan tanggung jawab untuk ikut membantu masyarakat Tuban untuk memberdayakan dirinya.
Apalagi kegiatan yang sifatnya membantu masyarakat mengentaskan dirinya dari kemiskinan sangat strategis bagi mahasiswa. Karena mereka adalah calon-calon pemimpin masa depan. Oleh karenanya sejak masih mahasiswa mereka berlatih membekali diri agar di masa mendatang semakin siap menjadi seorang pemimpin yang akan memimpin masyarakatsemoga saja Melalui KKN Tematik Posdaya ini menjadi  jalan bagi Unirow sebagai agen perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar